Thursday, October 21, 2010

Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Disk (SSD)

<<< HDD (atas), SSD (bawah)
Seperti yang kita ketahui bahwa keduanya adalah bentuk media penyimpanan yang digunakan oleh komputer.

Hard disk drive adalah media penyimpanan yang selama ini kita gunakan yang masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, seperti bagian yang berputar pada saat beroperasi, biasa di sebut spinning platters.

Sedangkan SSD atau Solid State Disk sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Secara sekilas, bentuk SSD hampir sama seperti HDD, tetapi jika diperhatikan alat ini tidak memiliki bagian yang bergerak seperti Spinning Platters. Alat tersebut menggunakan dasar flash memory seperti halnya Flaskdisk dan Memory Card kamera. Hanya saja kapasitas pada SSD lebih kecil walaupun di dalamnya terdapat banyak flash memory. Kebanyakkan SSD sekarang berkapasitas 32GB sampai 128GB.

Ada beberapa keunggulan dari SSD, yaitu SSD beroperasi lebih cepat daripada HDD, mengkonsumsi daya (power) lebih sedikit, lebih ringan daripada HDD, berumur data lebih panjang, tidak bersuara seperti HDD yang menggunakan spinning platter dan lebih tahan benturan. Tetapi SSD masih tergolong mahal dan kapasitas maksimum SSD masih sangat jarang di pasaran.

No comments:

Post a Comment