Thursday, October 21, 2010

Bahaya Email

Email sangat penting untuk kehidupan sekarang apalagi untuk para pekerja, bahkan sudah sangat penting untuk para mahasiswa ataupun siswa SMP atau SMA sekalipun sampai dijadikan fitur utama dari kehebatan salah satu handphone masa kini. Tetapi email juga bisa sangat membahayakan untuk kita yang belum mengetahuinya. Bahaya tersebut bisa datang dari luar dan bisa juga di akibatkan kesalahan sendiri.

Bahaya email dibagi 5 macam, yaitu:

1. Anonymail, yaitu surat yang tidak dikenal atau bisa disebut surat kaleng. Maksudnya adalah surat yang tidak diketahui pengirimnya yang bisa mengancam privasi email kita. Biasanya mereka menggunakan virus bernama MyDoom, virus yang dipakai orang iseng untuk mengganggu privasi email kita.

2. Synonymail, merupakan kebalikan dari Anonymail. Ini adalah email yang diketahui pengirimnya namun masih bisa diragukan kebenaran atas kepemilikannya. Bahayanya bisa berisi pesan penipuan (Phisingmail) atau berisi pake virus (Virusmail).

3. Virusmail, pesan berisi virus yang dapat membahayakan hilangnya data atau dokumen yang disebabkan virusmail.

4. MailBomber, yang menyebabkan inbox menjadi penuh kemudian menjai overquota sehingga tidak bisa menerima email dari teman atau rekan bisnis.

5. Nigermail, dinamakan Nigermail karna dulu ini menjadi sebuah teknik penipuan melalui email yang dilakukan oleh orang Negeria. Email ini berisi pesan yang menawarkan kerjasaam atau permintaan tolong untuk menyiapkan sejumlah uang yang akan digunakan untuk mencarian harta karun dan lain sebagainya dengan iming-iming bagi hasil jika menemukan harta karun tersebut.

Kita harus antisipasi jika kita ingin aman dalam menjaga privasi dengan melakukan beberapa hal sbb.
  1. Gunakan AntiVirus dan selalu rajin mengUpdate agar berguna.
  2. Jangan membuka email yang sekiranya tidak dikenal an mencurigakan.
  3. Jangan mendownload attachment dari email sebelum mengerti benar isinya email tersebut.
  4. Pilihlah website penyedia email yang dapat di percaya. 
  5. Rajin-rajin membaca informasi yang bertopik “Email”.

No comments:

Post a Comment