Saturday, December 11, 2010

Reflekta II : Camera Since '54

Reflekta II
Suatu hari saat sedang menghabiskan waktu bersama ketiga teman saya di kosan, temen saya yang lain, Kiki, sms saya yang kurang lebih isinya seperti ini, "bro, gue ke kosan lo ya, sekalian mau nunjukikin kamera hebat gue". Sambil memiliki rasa penasaran saya bales sms itu seperti ini, "oke bro, silahkan saja".

Saat teman saya sampai di kosan dia langsung menunjukkan kameranya kepada saya dan saya lumayan terkejut melihatnya. Rasa penasaran saya rupanya tidak lebih dari kagetnya saya saat melihat kamera itu. Saya pikir kamera D-SLR atau SLR biasa yang pernah saya lihat sebelumnya, namun yang di tunjukkan ke saya adalah kamera vintage yang umurnya sudah jauh lebih tua di banding orang tua saya sekalipun, Reflekta II.

Saya tanya kepada pemilik kamera, Kiki, gimana caranya dia bisa dapat kamera itu, sedangkan kamera itu kalaupun dijual masih bisa dikatakan lumayan mahal apalagi fungsinya sudah tidak berjalan bagaimana layaknya kamera, mungkin di karenakan umur kamera yang membuat komponen didalamnya sudah berkarat.

Kiki pun menjawab, "Gue di kasih sama kakek gue, dan gue dipercayain buat ngejaga ini kamera, yah kalo bisa sih kamera ini berfungsi lagi, hehe". Maklum kamera itu sudah tidak berfungsi karna memang komponen kamera sangatlah sensitif, tapi setelah saya perhatikan kondisi fisik eksternal kamera tersebut, saya sedikit berfikir dan kagum karena sekitar 80% body dari kamera tersebut terbilang masih sangat baik.


Gambar di atas menunjukkan umur dari kamera tersebut. Pada camera bag dari Reflekta II tercantum tanggal kamera itu dibeli, nama pemilik dan jalan dari tempat tinggal pemilik. Tertulis, 1-1-54 || Sudibyo S. || Djl. Minangkabau 58. Bisa dibayangkan betapa tuanya kamera ini.
Bottom Lens
Spesifikasi kamera belum bisa saya pastikan namun bisa saya perkirakan sebagai berikut.
  • Film Type : 120
  • Picture Size : 6 x 6 cm
  • Weight : 1000g
  • Lens : 2 x Germany Pololyt 1:3,5 f =75
  • Filter Size : 40.5mm Screw in Type
  • Shuter : Prontor = 5V
  • View Finder : TLR
Reflekta II - nikon D3000
Sengaja saya foto Reflekta II disebelah Nikon D3000 untuk melihat perbandingan antara kamera tahun '54 dengan tahun '10 awal abad 21. Sangat terlihat kemajuan teknologi yang sangat signifikan.

No comments:

Post a Comment