Saturday, December 18, 2010

ISO Pada Kamera

ISO, dapat di artikan sebagai kemampuan teknologi sensor untuk menangkap cahaya. Sebelumnya sudah pernah saya bahas juga pada postingan saya yang berjudul Exposure Dan Pencahayaan Dalam Fotografi. ISO dapat di atur sesuai kemauan pemakai, semakin besar ISO yang di set, semakin besar pula komposisi cahaya yang ditangkap oleh sensor. Namun dibalik kelebihan ISO yang dapat membuat hasil jepretan lebih terang, ISO memiliki kekurangan saat di set menjadi ISO tinggi, yaitu menimbulkan banyak noise dan kualitas gambar sedikit berkurang seperti kurang timbulnya contrast cahaya yang dihasilkan, hilangnya detail gambar dan lainnya. Noise yang disebutkan akan tampak berupa bintik-bintik kecil yang tersebar pada foto. Noise juga akan lebih tampak apabila gambar di zoom-in 50%++, apalagi gambar tersebut akan dicetak untuk ukuran yang sangat besar.

ISO pada kamera sekarang sudah ada yang mencapai 12800 bahkan lebih. Umumnya ISO pada kamera di mulai dari 100, 200, 400, 800, 1600, 3200 dan kamera DSLR semi-pro dan DLSR pro sudah memungkinkan memliki ISO di atas 3200 seperti pada ISO 6400, 12800 dan 25600. Seiring berjalannya waktu, teknologi pun sudah semakin mantap akhir-akhir ini. Beberapa kamera sudah dapat meredam noise saat menggunakan ISO setinggi 6400, 12800 atau mungkin lebih, contoh Nikon D3s. Kamera pemula seperti Canon 550D pun sudah dapat meredam noise dengan sangat baik saat menggunakan ISO 1600.

ISO biasanya di pakai saat keadaan benar-benar gelap saat malam atau indoor dan saat aperture dan shutter speed tidak mendukung. Namun saat pencahayaan benar-benar memadai, sangat disarankan menggunakan ISO yang sangat rendah, seperti ISO 100 atau 200 jika sedikit kekurangan cahaya, namun saat ISO 100 saja masih terlalu terang, beberapa kamera bisa mengatur ISO menjadi Lo (lebih rendah dari ISO 100) seperti pada kamera DSLR Nikon D90.

ISO rendah juga sangat dibutuhkan saat pengambilan gambar landscape, karena foto landscape sangat disarankan untuk tidak memiliki noise. Sangat menyusahkan apabila ingin memotret landscape disaat keadaan cahaya sangat minim seperti saat sunrise, sunset atau malam, karena jika tidak ingin mengandalkan ISO tinggi, kita harus menyiapkan tripod agar pengambilan gambar tidak goyang karena shutter speed yang menjadi sedikit lebih lama beberapa detik.

Ada beberapa fotografer yang menganggap noise itu tidak buruk, karena ada beberapa majalah yang menampilkan foto dengan ukuran yang lumayan besar dan dengan noise yang lumayan terlihat. Entah apa yang dipikirkan fotografer saat itu, mungkin ia berfikir noise tidak terlalu bermasalah selama foto tersebut menyampaikan maksud dari sang fotografer. Dan ada juga yang mengambil gambar dengan ISO tinggi karena berfikiran bahwa moment tersebut sangatlah baik dan pantas untuk diabadikan.

No comments:

Post a Comment