Thursday, December 9, 2010

Error Message On Blue Screen

Blue Screen
Blue Screen bisa terjadi karena berbagai macam hal, namun kebanyakkan orang hanya mengetahui error Blue Screen disebabkan karena ketidakcocokkan driver atau hardware yang renggang dan juga kelebihan memori yang di gunakan.

Berikut adalah beberapa sebab munculnya Blue Screen yang dapat di identifikasi melalu pesan berupa kode yang muncul pada Blue Screen tersebut.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Kode di atas adalah kode yang paling sering muncul pada Blue Screen yang menunjukkan bahwa adanya ketidakcocokkan driver yang terinstall pada komputer.

Maksudnya tidakcocok adalah :
  1. Driver yang bentrok atau memang tidak cocok.
  2. Permasalahan pada Video Card. Video Card disini mencakup Video Card yang melebihi batas overclock atau anda baru mengganti Video card dan belum meng-uninstall driver Video Card lama dari chipset berbeda.
  3. Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver Sound Card.
NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Pesan ini menunjukkan adanya kesalahan pada partisi atau filesystem-nya tapi bukan pada HDD-nya. Bisa dilakukan pengecekkan pada kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan menggunakan tool chkdsk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan atau kode tersebut muncul karena beberapa hal, sbb.
  1. Overclock hardware yang berlebihan.
  2. Komponen komputer yang terlalu panas.
  3. Terjadi corrupt pada BIOS.
  4. Memory dan atau CPU yang cacat.
DATA_BUS_ERROR

Terjadi adanya kemungkinan kerusakkan pada memory atau slot memory di motherboard.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Kemungkinan disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache).

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Kemungkinan adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver Chipset.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

PEN_LIST_CORRUPT

Adanya kerusakan RAM.

BAD_POOL_CALLER 

Error ini disebabkan karena adanya kesalahan driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan terjadi pada instalasi driver Video Card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

No comments:

Post a Comment