Sunday, November 21, 2010

Tips Memilih Kamera D-SLR

Membeli kamera memang bukan suatu hal yang bisa sembarangan dilakukan, apalagi untuk yang memiliki budget rendah. Bagi yang memiliki budget tinggi pun saya sarankan untuk tidak asal membeli kamera, memang harga tidak menipu, namun kita harus memperhatikan banyak hal agar tidak menyesal apabila telah membeli kamera yang mahal namun kurang memuaskan.

Disini saya sedikit memberi Tips Memilih Kamera yang saya dapatkan melalui pengalaman dan omongan orang sekitar yang mungkin bisa membantu teman - teman sekalian agar tidak terlalu bingung dalam pemilihan kemera yang sesuai dengan budget dan kebutuhan sendiri.

1. Ketahui Kebutuhan dan Tentukan Batasan

Ada banyak macam jenis kamera D-SLR skrg, dari level Entry Level atau pemula, Semi-Pro dan Pro-level. Ketahuilah kebutuhan anda, apakah anda termasuk orang yang memang sekedar hobi untuk fotografi, atau hobi yang disertai keinginan untuk mencari hasil finansial melalui fotografi. Apabila sekedar hobi iseng - iseng anda bisa memilih kamera entry-level, jika anda termasuk yang gila fotografi namun masih dalam taraf hobi , suka mengabadikan momment - momment dan suka berkarya, Semi-Pro kamera lah yang anda pilih, sedangkan jika anda seorang yang benar - benar ingin serius di bidang fotografi ini, maka Pro-level kamera lah pilihan anda.

atas: Nikon - Olympus - Canon - Sony
bawah: Nikon - Olympus - Sony - Canon
2. Pilih Produk Yang Jelas dan Sesuai Kebutuhan

Pilihlah produk yang jelas, sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan hati masing - masing. Pilihlah produsen yang memiliki pengalaman lebih pada kamera karena kualitas lebih terjaga. Dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, contoh kamera Canon lebih cocok untuk pengambilan gambar model dan Nikon lebih cocok untuk pengambilan gambar lanskap.

3. Mengetahui Fitur Kamera Yang di Butuhkan

Tentukan fitur kamera yang anda butuhkan seperti fitur video, sensor kamera, mode kamera, kecepatan rana atau shutter speed, ketahanan pada cuaca, bukaan atau diafragma pada lensa bawaan, titik auto-focus, Megapixel, daya tahan batre dan lainnya. Ingat, ukuran Megapixel pada kamera bukanlah segala, karena penggunaan kamera D-SLR dipengaruhi oleh banyak hal, tidak akan bisa menghasilkan gambar yang bagus jika hanya mengandalkan tingginya Megapixel pada kamera.

4. Tentukan Aksesoris Yang di Butuhkan

Kamera D-SLR sangat membutuhkan modal aksesoris untuk mendukung pengambilan gambar maupun ketahanan kamera. Contoh aksesoris yang di butuhkan seperti Dry-Box (kotak yang menjaga kelembaban suhu sekitar kamera untuk menghindari penjamuran atau fogging), Filter Lens (filter cahaya yang dipasang pada ujung lensa, untuk menjaga kapasitas cahaya yang masuk - tergantung jenis filter dan menjaga lensa dari debu), Memory (untuk penyimpanan gambar, biasanya berkapasitas 2GB, 4GB, 8GB dan seterusnya), Lens-Pen (pembersih lensa), Lens Hood, Camera Bag, Tripod dan lainnya. Sebelum membeli kamera disarankan untuk membuat list tambahan aksesoris yang dibutuhkan dengan harganya agar tersedianya dana yang dibutuhkan.

5. Garansi

Saat hendak membeli kamera di suatu tempat, anda harus tanyakan garansi kamera tersebut  pada si penjual, apakah garansi resmi atau hanya garansi toko. Saya menyarankan untuk lebih giat mencari kamera dengan garansi resmi karena jaminan lebih memuaskan dibandingkan garansi toko kebanyakkan dan yakinkan kembali bahwa garansi resmi tersebut berlaku untuk dalam negri, contoh kamera Nikon bergaransi resmi Alta Nikindo.

Sekian tips dari saya, semoga bisa membantu teman - teman untuk memilih kamera D-SLR yang tepat untuk kehidupan fotografinya.

No comments:

Post a Comment