Sunday, November 7, 2010

DynaTAC, Ponsel Pertama di Dunia

Martin Cooper
Martin Cooper, seorang general manajer pada divisi Sistem Komunikasi pada perusahaan Motorola adalah seorang penemu ponsel pertama di Dunia. Pada saat itu, sistem wireless yang biasa digunakan pada radio komunikasi polisi ia aplikasikan ke dalam teknologi komunikasi telepon. Konsep yang ia miliki di sempurnakan lagi bersama rekan lainnya di Motorola dan di komersialkan pada tahun 1983 yang diberi nama DynaTAC.

Cooper menyatakan bahwa tantangan pertamanya adalah bagaimana memasukkan semua material yang diperlukan ke dalam ponsel tersebut untuk pertama kalinya, namun dengan usaha sedemikian rupa akhirnya desainer industri dan insinyur hebat dapat menyelesaikan perangkat tersebut dengan berat 2 kilogram.

Bahan yang paling penting adalah Baterai, dengan berat 4 kali dari ponsel saat ini. Baterai yang digunakan hanya dapat bertahan selama 20 menit, namun Cooper dan yang lainnya yakin bahwa hal tersebut bukan masalah saat itu, karna pengguna tidak menggunakannya selama itu.

Martin Cooper with DynaTAC
Setelah berhasil menemukan ponsel tersebut, Cooper mencoba melakukan panggilan pertamanya, tidak kepada istrinya, temannya atapun keluarga lainnya melainkan kepada saingannya Joel Engel yang merupakan kepala riset Bell Labs. Cooper melakukan panggilan pertamanya di jalan raya kota New York pada tanggal 3 April 1973.

Konsep pertama tentang sistem Selluler memang dimiliki oleh Bell Labs yang menerapkan langsung pada teknologi telepon wireless pada mobil polisi, namun Motorola lah yang berhasil mengaplikasikannya kedalam bentuk ponsel yang bisa dengan praktis di bawa kemana - mana.

DynaTAC
Bentuk DynaTAC tidak seperti kebanyakkan ponsel saat ini. Bentuknya masih kotak, besar (sebesar batu bata), memiliki antena dan berat dan komponennya pun masih belum disempurnakan saat itu. Motorola menghabiskan setidaknya $3.500, bisa di bayangkan betapa mahalnya ponsel ini.

Pada awalnya ponsel ini resmi dibuat untuk digunakan oleh para dokter dan staff rumah sakit untuk membantu kegiatan komunikasi sehari - hari dan Cooper berharap bahwa ponsel ini bisa membantu kelancaran, keamanan dan kebebasan orang kebanyakkan, namun yang terjadi malah melebihi perkiraan Cooper sebelumnya.
 
Cooper tidak pernah menyangka bahwa kegiatan berinternet pun dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel ditambah dengan fitur - fitur hebat lainnya. Dengan fitur baru di setiap pembaruannya, penemu ponsel tersebut mengatakan bahwa handset di masa depan harus bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan pengguna. “Teknologi membuat hidup lebih baik, lebih nyaman, aman, mendidik, menghibur dan sebagian besar membuat lebih produktif dan sehat,” ujar Cooper.

No comments:

Post a Comment